RSS
Write some words about you and your blog here

Sistem Informasi Terpadu

Enterprise Resource Planning
ERP System adalah sistem informasi bagi perusahan manufaktur maupun jasa yang berperan mengintegrasikan dan mengotomasikan proses bisnis yang berhubungan dengan aspek operasi, produksi maupun distribusi. ERP membantu mengontrol aktivitas bisnis seperti penjualan, pengiriman, produksi, manajemen persediaan, manajemen kualitas dan sumber daya manusia.
ERP disebut Back Office System, mengindikasikan bahwa pelanggan dan publik secara umum tidak dilibatkan dalam sistem ini. Berbeda dengan Front Office System yang langsung berurusan dengan pelanggan seperti sistem untuk e-Commerce, Costumer Relationship Management (CRM), e-Government dan lain-lain .
·         Sistem ERP secara modular menangani
   proses manufaktur, logistik, distribusi, persediaan (inventory), pengapalan, invoice dan akunting perusahaan
·      Software ERP biasanya terbagi atas Modul Operasi (modul utama) dan Modul Finansial dan Akunting, Sumber Daya Manusia (modul pendukung ) :
Modul Operasi (Modul Utama)
General Logistics, Sales and Distribution, Materials Management, Logistics Execution, Quality Management, Plant Maintenance, Customer Service, Production Planning and Control, Project System, Environment Management.
·         Modul Finansial dan Akunting (Modul Pendukung)
General Accounting, Financial Accounting, Controlling, Investment Management, Treasury, Enterprise Controlling .
·         Modul Sumber Daya Manusia (Modul Pendukung)
Personnel Management, Personnel Time Management, Payroll, Training and Event Management, Organizational Management, Travel Management.

0 komentar:

Posting Komentar